DIY Floating Bookshelf

March 07, 2015

Hi guys~
Sesuai dengan janji manis yang udah aku umbar-umbar beberapa minggu yang lalu di postingan DIY sleep lamp, kali ini aku mau ngeshare soal DIY Floating Bookshelf yang udah aku bikin lamaaaaa bangeeeeeeett. Sebelum aku cas cis cus soal pembuatannya, boleh deh cek dulu hasil akhirnya. DIY Floating Bookshelfmu bakal kayak gambar dibawah ini :D

Gimana? Lucu nggak? Lucu dong, ya kan ya kan? Iya deh iyaaaaaa~

DIY Floating Bookshelf ala Uchiks

Oke sudah siap? Kita langsung mulai yaaak!
So, you will need:
1. Siku-siku dengan panjang sisi 20cm secukupnya, tergantung buku kamu seberapa banyak (oke aku nggak tau namanya apa, untuk bentuknya bisa dilihat di gambar bawah ya)
2. Sekrup dan rumahnya
3. Bor
4. Penggaris
5. Pensil
6. Obeng

Cara pembuatannya cukup sederhana, cuma agak rempong karena kamu harus berhadapan dengan penggunaan alat perkakas yang mungkin jarang kamu pake sehari-hari. Tapi demi mempercantik ruangan dan memberikan rumah baru buat buku-buku kesayang, apa sih yang enggak :')

1. Pertama yang harus kamu lakukan adalah pengukuran. Tentukan di tembok sebelah mana kamu mau bikin floating bookshelfmu. Setelah itu ukur dengan penggaris jarak antara kedua sikunya, sesuaikan dengan panjang buku yang nantinya akan kamu letakkan pada bookshelf itu. Jangan lupa siku-sikunya harus sejajar, nah ini nih yang agak susah. Pokoknya jangan miring-miring, ntar bukunya ikutan miring jadi jelek.

2. Setelah itu beri tanda pada lubang di siku, mana aja yang harus di isi dengan sekrup, tandai dengan pensil ya.

3. Setelah itu ambil bor kamu dan gaya dulu kayak James Bond abis nembak musuh pake pistol *loh?* *garing* *oke balik* Bor tembok di bagian yang sudah kamu tandai tadi. Kalo kamu nggak bisa pake bor sendiri, dari pada temboknya rusak mending kamu minta tolong Ayah atau kakak kamu.

4. Setelah di bor, masukkan rumah sekrupnya ke lubang yang sudah kamu buat tadi. Ambil siku, lalu paskan di tembok yang sudah di bor, dan mulai kunci dengan sekrupnya di tempat dimana rumah sekrup tadi ditanam.

5. Lakukan berulang-ulang dan sesuaikan dengan kebutuhan berapa banyak rak buku yang mau kamu buat. Hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini. Nah, ini untuk satu rak buku :D

Siku yang sudah diatur jadi floating bookshelf

6. Tinggal tumpuk semua buku kamu di atas floating bookshelfmu dan voilaaaaaa kamu sudah berhasil membuat rak buku ngawang mu sendiri! Yang terpenting adalah rak buku ini aseli MADE IN KAMU, yeay!

Tumpuk semua bukumu seperti ini

Tapi usahakan nggak terlalu banyak buku yang kamu tumpuk dalam satu rak. Estimasikan juga kekuatan siku dan tembok kamu untuk menopang bukunya ya. Kira-kira buku sebanyak ini cukuplah untuk satu rak, mungkin bisa ditambahkan satu Cuckoo's Callingnya Robert Galbraith di atasnya. Inshaa Allah masih kuat.

Mine <3

Untuk mempercantik ruangan kamu, floating bookshelf ini bisa juga kamu jadikan sebagai rak untuk menaruh aksesoris yang lain. Wah jadi  multifungsi kan. Contohnya kayak punyaku ini nih, aku kasi bunga-bunga permen :3





Gimana? Cukup mudah kan cara bikinnya?
Kamu bisa variasikan floating bookshelfmu dengan benda-benda yang lain sesuai selera dan kreatifitasmu. Kalo aku bikin variasi selang-seling antara bookshelf dan pigora-pigora motivasi gini. Sedangkan warnanya aku pilih yang monochrome.

Voilaaaaa!

Sudah ada ide untuk membuatnya? Yuk bikin, kalo udah jadi bolehlah share potonya sama Uchik :D

You Might Also Like

6 comments

  1. Argh, keren bak chik :D
    Suka perpaduang dinding, typographi, dan bookshelfnya. Eye chatching vintage gimana gitu <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmm makasi fibi :3
      ayok kamu bikin juga diruma hahaha

      Delete
  2. aku pingin bikin gini di kos mbak tapi pasti langsung diusir sama ibu kosku :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. nguahahaha, bilango ibuknya 'buk, budayakan membaca' :v

      Delete
  3. Hai, Kak Fauzia! (boleh aku panggil begitu?) Aku Dhina, salam kenal, ya. Kuharap kita bisa menjadi teman.
    Ide bookshelf-nya sangat menarik buatku, sangat cocok untuk orang-orang yang mana punya koleksi buku yang cukup banyak. Mungkin aku ingin mencobanya liburan nanti. Omong-omong, kita memiliki koleksi novel yang sama! Aku juga punya The Silkworm dan Casual Vacancy. Kurasa kita bisa nyambung dalam selera buku?

    It is really nice to bump into your blog!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dhina, kamu bisa panggil aku 'Uchik' like people do. Terimakasih berkenan membaca post ini dan mencobanya di lain hari. Are you a bookworm? If yes, I wanna hug you tight now! Hahaha. Salam kenal ya Dhina :)

      Delete