Sate Klopo Ondomohen: Kuliner Legendaris Surabaya

February 24, 2015

Setiap kali manteman blogger berkunjung ke suatu kota, pasti selalu ada aja 'wisata kuliner' yang tersisip di itinerary kalian. Hayooo ngaku! Iya kan? Sama dengan orang kebayakan, aku pun begitu. Rasanya kalo pergi ke Jogja dan belum ngincipin gudeg nya Yu Djum atau sekedar satu jam nongkrong di angkringan, nggak bisa disebut pergi ke Jogja. Ada yang kurang.

Nah, kali ini aku bakal bahas soal salah satu kuliner legendaris di Surabaya, bisa lah jadi referensi manteman blogger yang lagi melancong ke Surabaya. Meski Surabaya seringnya terkenal sebagai kota padet penduduk dengan mall dan industri segudang, Surabaya juga bisa dibilang oke loh soal kuliner. Inshaa Allah kalo soal memanjakan lidah dan perut, nggak kalah deh sama yang lain.

Letaknya yang berada di tengah kota Surabaya menjadikan Sate Klopo Ondomohen ini mudah dijangkau dari mana aja. Sate ini bisa dibilang legendaris karena sudah lama berdiri dan rasanya masih tetep sama seperti dulu. Kalo kata orang bilang, ini nih signature dish nya Surabaya. Mulai dari nama jalannya masi Ondomohen sampe sekarang udah berubah jadi Walikota Mustajab, Sate Klopo Ondomohen masi tetap terasa hautjek cimcimping *halah*.

Di depan depotnya kamu bakal menemukan pemandangan ini

Sebenernya kalo kita perhatikan, Sate Klopo Ondomohen ya kayak sate kelapa kebanyakan. Daging ayam atau sapi akan ditusuk layaknya sate, dibalut dengan bumbu parutan kelapa, dibakar dengan arang pake cara tradisional, dan tentunya disajikan dengan bumbu kacang. Iya, udah gitu doang. Tapi dengan ke-mainstream-annya itu jangan ditanya berapa ribu tusuk sate yang bisa terjual dalam satu hari. Heran? Sama.

Sate Klopo Ayam Ondomohen

Sate Klopo Sapi Ondomohen

Dengan tampilan ala ala sate kelapa standar, Sate Klopo Ondomohen selalu bisa menyihir pelanggan untuk mampir dan merindukan rasanya. Serius! Tampilan boleh sama, tapi rasanya itu loh yang bikin beda. Satenya yang dibakar dengan cara tradisional pake arang dan diipit (dikipas) bikin satenya matengnya sempurna, luarnya nggak gosong, dan dalemnya mateng merata. Selain itu bumbu kacangnya juga kerasa beda, lebih cenderung manis tapi nggak kemanisan *halah*. Coba deh bandingin rasa Sate Klopo Ondomohen sama sate kelapa yang lain, pasti beda. Ibaratnya, sate yang satu ini adalah original version of sate klopo. Bikin kangen mantan. Biasanya yang original dan klasik lebih diminati sih, ya nggak?

Yang manual emang lebih greget!

Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih ini biasanya disajikan dengan karbohidrat sesuai pesanan. Nasi ada, lontong ada, tinggal pilih. Harganya cukup terjangkau untuk sekelas sate kelapa yang bisa bikin kamu nostalgia akan Surabaya tempo dulu. Nggak lebih dari 30rebu untuk sepuluh tusuk sate, nasi, lengkap beserta minumannya. Dan tentunya sate ayam akan dibandrol dengan harga yang lebih murah dari pada sate daging sapi dan sumsum.


Sate Klopo Ondomohen biasanya buka setiap hari dari jam 7.30 sampai jam 23.30. Selama jam-jam buka itu, sebaiknya kamu peka sama jam-jam crowded kalo kamu mau mampir. Soalnya tiap jam-jam crowded pelanggannya pasti bejibun banget sampe rela ngemper ngemper makan di luar. Dan sepanjang jalanan Walikota Mustajab mendadak penuh sesak oleh mobil yang parkir. Sekedar saran aja sih, jangan pas jam makan siang, jam pulang kerja, atau pas jam makan malam. Selain jam-jam tersebut, inshaa Allah aman sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemakmuran sate kelapa.

Depotnya memang bisa dibilang mini dan cuma pake kipas angin. Tapi percaya deh, meskipun endingnya rame sesak oleh pelanggan depot ini bisa dibilang nyaman, tempatnya juga cukup bersih. Selain itu rimbunnya jalanan Walikota Mustajab mensuplai oksigen segar yang bikin siapa aja demen buat lama-lamaan disitu. Ditambah lagi suasananya disana, entah kenapa selalu berakhir dengan nostalgia :') Mungkin sebenernya Ibu Asih ini nggak jual Sate Klopo Ondomohen, tapi jual kenangan *tseeeeeehh*. Dan soal pelayanannya yaaaaa standar sih tapi sip kok. At least ibu-ibunya nggak akan bilang 'pilihan yang tepat sekali' :)))

Banyak pigora dipajang isinya prestasi semua, salut !

Buat yang pertama kali ke sana, kamu nggak perlu bingung lokasi jualan Sate Klopo Ondomohen. Kamu langsung aja ke Jalan Walikota Mustajab yang adem ayem dan penuh kenangan itu. Lalu cari aja tempat dimana banyak asap ngegumpel disitu. Nah, ketemu deh tempatnya. Sate Klopo Ondomohen yang lagi kita bicarain ini yang punyanya Ibu Asih ya, letaknya seberang fotokopian. Ingat, jangan keliru sate klopo. Dan perlu diingat juga, ini tempat makan, bukan tempat nongkrong. Nostalgia boleh, tapi jangan lama-lama, kesian yang ngatri banyak hahaha.


Taste ★★★★
Service 

Sate Klopo Ondomohen 'Ibu Asih'
Jalan Walikota Mustajab 36

You Might Also Like

5 comments

  1. Argh, jadi pengen makan mbak :3
    Ngomong-ngomong, ini bahasa apa ya mbak 'hautjek cimcimping' -___-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu harus cobain, kata orang 'belum ke Surabaya, kalo belum makan ini' wkwkwkwk, itu bahasa ngawur asal comot :))

      Delete
  2. hautjek hautjek. btw aku belum pernah makan sate disini. traktir dong kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAMU BELUM PERNAH MAKAN INI? YA AMPUUUUUUNN!

      Delete