DIY Sleep Lamp

January 22, 2015

Saking jarangnya dirumah, apalagi masuk kamar, aku termasuk orang yang jarang banget perhatian sama yang namanya keindahan kamar. Kamar tidur baru akan berfungsi pas aku mau tidur, itu pun kalo Dindut nggak pas lagi pulkam ke rumah. Kalo dia pulkam, sudah pasti aku bakal jadi gelandangan yang siap ngemper depan tipi beralas kasur portable. Dan dijamin setelah Dindut balik lagi ke perantauan, kamarnya sukses jadi kapal pecah atau kandang babi. Dilanjutkan dengan Ibuk yang akan ngomel ngalor ngidul, berakhir dengan aku beres-beres kamar yang notabene bukan aku yang berantakin. BUKAN AKU YANG BERANTAKIN.

Several weeks ago, seperti biasa Ibuk nyuruh aku beresin kamar pasca diporakporadakan sama Dindut. Pegel liat kamar yang lebih mirip kandang babi, akhirnya aku memutuskan buat merombak total kamar. Mulai dari rombak posisi kasur, lemari, sampe pritilan pritilan kecilnya. Bersihin semua debu sampe bersin-bersin. Sampe akhirnya memutuskan buat bikin DIY project, yaitu floating bookshelf sama sleep lamp.

Proyek sleep lamp bernama good-dream-lamp berawal dari lampu tidur imut-imut aku yang tetiba rusak dan gabisa dipake lagi. Karena beli lampu tidur biasa udah mainstream, akhirnya aku memutuskan buat bikin sendiri lampu tidurku. After looking for the perfect idea, akhirnya aku memutuskan untuk bikin lampu tidur alphabet dengan huruf H-O-P-E. Harapan. Ceilah.

DIY-good-dream-lamp

Oke, here we go!

Yang bakal kalian butuhin adalah :
1. Kerdus bekas
2. Gunting
3. Cutter
4. Pensil
5. Penghapus
6. Penggaris
7. Lem
8. Kertas kalkir atau kertas minyak warna putih
9. Kertas hitam
10. Lampu kelap kelip atau lampu natal (ini satu warna aja, menurutku lebih bagus)
11. Selotip

Kita bakal bikin bentuk hurufnya pake kerdus bekas, kalo manteman blogger males bersusah payah bikin manual dari kerdus bekas, bisa beli langsung alphabet karton yang udah jadi. Sayangnya aku nggak tau nih belinya dimana hehehe.

Oke, lanjut yah.
1. Gambar bentuk huruf yang di inginkan pada kerdus bekas. Kalo pingin hurufnya presisi banget, coba print dulu bentuk huruf di kertas HVS dan jiplak di kerdusnya. Setelah selesai bikin gambar huruf-hurufnya, lalu potong dengan cutter mengikuti pola yang udah dibuat.

First step, paling rempong cyin~

2. Setelah hurufnya udah jadi semua, kita bentuk hurufnya jadi bangun 3D. Gunting kerdus bekas lalu tempelkan ke sisi-sisi huruf agar bisa berbentuk 3D.

Hasil bentuk 3D

Basic shape lampunya

3. Tips untuk membentuk lengkungan, lakukan persis seperti yang aku lakuin ya. Lapisan kerdusnya yang memiliki ruang harus dirobek satu persatu, jadi kerdusnya bisa melengkung seperti yang kita inginkan. Cek gambar di bawah ini.



4. Tutup sisi huruf yang terbuka dengan kertas kalkir atau ketas minyak warna putih. Tujuannya biar lampu kita nanti warnanya bakal soft karena cahayanya menembus kertas kalkir. Lalu pinggiran hurufnya lapisi dengan kertas hitam, tujuannya biaaaaaarrr ... biar apa ya? Biar rapi aja sih sebenernya hahaha. Masa iya luarnya masi keliatan kerdus gitu, kan jelek. Mau diganti pake kertas kado lucu-lucu juga gapapa kok.

Tadaaaaa! Kita udah punya kerangkanya

5. Lalu lubangi sisi belakang dengan benda tajam (aku pake jangka dan kawan-kawannya) agar bisa disisipi lampu kelap kelip. Atur sedemikian rupa biar lampunya nggak semerawut. Rapikan dengan selotip biar gampang ngatur kabel lampunya. Kalian juga bisa menempelkan satu huruf dengan yang lainnya biar nantinya gampang ditata dan digantung di tembok.

Ini loh lampuku, lampunya aja everlasting, apalagi cinta orangnya :') *tseeeh

Kurang lebih gini sih punyaku

6. Voilaaaaa! Kita sudah punya lampu tidur buatan sendiri loh. Gimana? Gampang kan cara bikinnya. Ini aku kasi liat lampuku yah. Lampu tidurnya siap dipasang di tembok deh :D

Tampak belakang

Tampak depan




Maafkan ya vidionya agak mistis, dibuat dengan keterbatasan sih hahaha. Berhubung lampu kelap kelip punya banyak model kelip, kamu bisa pilih sesuka hatimu. Ada yang stand by, ada yang redup pelan-pelan kayak punya aku. Macem-macem deh pokoknya, biasanya sih ada 8 variasi kerlip. Lampu ginian bisa kamu dapetin dengan mudah di toko kelontong kok, asal bayar aja siiiih.

Dari barang-barang sederhana pun ternyata kita bisa buat barang yang bermanfaat loh. Dan hasilnya tentu akan lebih menggembirakan karena hasil jerih payah sendiri. Buat yang floating bookshelf akan dijelaskan di postingan lain ya. Yuk, dicoba dirumah :D

You Might Also Like

2 comments

  1. sangat menginspirasi dan kreatif....aku pengen coba buat kamar anakku...thanx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah selamat mencoba mbak, semoga dengan adanya bookshelf lucu dikamar jadi makin banyak buku, makin banyak juga anak Indonesia yg gemar membaca :D

      Delete