Bikin Laptop Jadi Tethering Wifi

October 28, 2014

Tanggal tua gini pasti rawan-rawannya paketan internet di smartphone kamu jadi ghaib alias antara ada dan tiada, plus harap-harap cemas tetiba paketan abis dan nyedot pulsa reguler. Bahkan nggak jarang sekitar tanggal 20an paketan internet kamu udah abisbisbis dan nggak bisa diharepin. Kalo udah gini, smartphone kamu berasa raga tanpa jiwa, nggak ada gunanya selain cuma buat mainan onet, 2048, atau sekedar dengerin lagu galau di music player. Beberapa orang yang banyak duit memilih buat beli paketan lagi, sebagian beli paketan harian yang kalo di itung-itung banyak ruginya, dan paling banyak memilih tetep sabar jadi fakir wifi dan menabahkan diri buat beli paketan bulan depan.

Well, that's life ! Aku paham banget gimana rasanya akhir bulan tanpa internet, apalagi buat beberapa orang yang nggak bisa lepas dari social media. Yang biasanya bangun tidur langsung ngecekin notif sekarang rasanya hampa kalo paketan internet abis. Apalagi yang jomblo, notif aja nggak ada, apalagi sms 'selamat pagi' nggak mungkin banget tetiba nyasar di henpon kamu.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah : jadikan lepi alias laptop kamu sebagai tethering wifi ! Kamu nggak akan kowa kowo lagi dirumah kalo paketan internet kamu abis. Jadi paling enggak modem kamu bisa berguna buat dibagi-bagi di henpon, karena sometimes beberapa aplikasi smartphone itu nggak bisa kamu dapetin di desktop. Dan biasanya kita juga nggak nyaman untuk men-campuraduk-kan aplikasi henpon buat dijalanin di desktop, kecuali kalo kamu punya emulator hahaha. So, here we go, mari kita coba.

Cara yang paling simple buat bikin lepi sebagai tethering wifi adalah dengan download software mHotspot yag alhamdulillah wasyukurillah free, coba klik disini buat download. Sebenernya bisa banget tanpa software cuma caranya terbilang ribet, apalagi buat orang-orang yang nggak seberapa doyan ngeuprek IT gitu, maklum ya soalnya harus lewat command prompt *halah opo maneh iku*.

Fitur yang ditawarkan mHotspot mayan kece loh, diantaranya :
1. Bisa dipake konek up to 10 perangkat
2. Bisa ngatur nama hotspot sama password sendiri, jadi hotspotnya bisa private
3. Aplikasinya kecil, cuma sekitar 400KB aja
4. Bisa lihat detail perangkat yang konek
5. Bisa ngatur berapa jumlah perangkat maksimal yang bisa dikonekin

Nah, asik kaaaaann ! Oke sekarang coba download dulu softwarenya. Setelah itu langsung install softwarenya di lepi kamu. And voilaaaaaa ..... bakal muncul tampilan mHotspot kayak gambar dibawah ini. Nah bisa langsung diatur nama hotspot, password, sumber internet, sama jumlah maksimal klien yang bisa konek. Setelah itu udah langsung Start Hotspot.

Tampilan mHotspot

Kemudian cek smartphone kamu, coba scan hotspotnya, kalo berhasil ke detect akan muncul hotspot dari lepi kamu. Langsung cus connect, lalu coba buka browser untuk tes koneksi, kalo bisa nyambung berarti kita udah berhasil bikin lepi kita jadi tethering wifi. Syelamaaaaaaatt !!!

Hotspotnya ke detect :')

Pas kemaren nyobain, ternyata aku nemuin masalah, mungkin manteman blogger bakal nemuin masalah ini juga, jadi sekalian aku kasih tau cara nyelesaiinnya ya. Masalahnya adalah perankat kamu bisa konek ke hotspot tapi ternyata nggak bisa nyambung ke internetnya. Nah, gini solusinya ...

1. Buka Network and Sharing Center di Control Panel.



2. Pilih network yang kamu gunakan, punyaku network yang bernama hello uchik ! Klik di bagian connection yang ditunjukkan oleh kursor di gambar berikut.



3. Klik properties untuk buka pilihannya.


4. Pilih menu Sharing, dan klik pilihan 'Allow other network users to connect through this computer's Internet connection'. Setelah itu pilih networking connectionnya, aku pake Wireless Network Connection 2, kamu samain pake itu juga. Klik OK kalo udah beres.


Nah, gampang banget kan bikin lepi jadi tethering hotspot. Jadi internetnya bisa dibagi-bagi, sekalian amal gitu maksudnya hehehe. Selamat mencoba, semoga sukses :D


You Might Also Like

0 comments