DIY Bunga Gula-Gula

September 27, 2015

Holla amigos x siempreeeee~

The last 4 months was a thunder storm of life. It was an up and down. A messed up sleep circle. A super tied up schedule. But also a blessing. Nah saking sibuknya, aku jadi kurang bisa ngatur waktu untuk main blog lagi. Meski hasrat ingin nyampah di blog begitu meluap-luap tapi apa daya tak punya waktu untuk main blog. Seriously. Literally.

Dan hari ini patut dirayakan atas tampilnya satu postingan baru di halaman blogku, yeay!

Btw, terhitung udah tiga minggu ini timeline socmedku penuh banget sama temen-temen yang lagi bahagia menyandang status sebagai purna-mahasiswa. Yep, mereka akhirnya wisuda dan berhak menambahkan label sarjana di nama lengkap mereka. Mungkin karena terlalu bahagia, believe me I know that feeling, banyaaaaaakk banget foto wisuda yang di post sampe—sorry—it’s getting too much hahaha. Tapi nggak apa-apa deh, kan empat tahun sekali yha. Congraduation :’)

Dan 26 September, bertepatan dengan wisuda MMB 2012! Hallo kalian MMB 2012 yang mungkin baca blog ini. Remember when you are junior and I’m your student resource development officer HUAHAHAHA, kalian ku kader sampe malem-malem! Yang dulu rajin aku omelin kalo nggak bener, eh sekarang udah wisuda aja. Selamat, so proud of you! Nah dalam rangka wisuda MMB 2012 ini nih, aku sampe mau repot-repot bikin DIY bunga gula-gula karena saking sayangnya. DIY bunga gula-gula ini bisa kita pake buat souvenir, kado, oleh-oleh, hantaran, atau apapun itu. Suka-suka sih mau buat apa hahaha. In this case, buat souvenir wisuda.


Nah, nggak pake lama yuk langsung simak cara buat souvenir yang super gempil ini.

You will need~
1. Pot bunga plastik
2. Sterofoam
3.  Benang & Jarum
4. Kain perca
5. Renda
6. Gunting
7. Pisau
8. Kertas
9. Jangka
10. Lem tembak & isinya
11. Rumput plastik
12. Permen loli


And here we go, Captain!

Pertama, potong gabus pake pisau sesuai dengan yang ukuran dibutuhkan. Untuk panjang dan lebarnya bisa disesuaikan sama diameter pot. Sedangkan tebel gabusnya suka-suka aja sih, mau tebel boleh, tipis juga nggak apa-apa. Tapi jangan ketipisan, yang penting gabusnya cukup kuat buat ditancepin permen nantinya. Kalo aku kira-kira ketebalan gabus yang aku pake adalah 2,5 cm. Eits, gengs gabusnya pake gabus yang kayak di gambar aku yah. Karena gabus yang warna tosca gini emang biasanya khusus buat rangkai bunga gitu deh, jadi lebih gampang dipakenya. Dan berhati-hatilah dengan pritilan gabus tosca ini karena mereka rapuh dan lengket kemana-mana, iyuuuuuhh, Annoying!


Setelah gabusnya dipotong sesuai ukuran, nah saatnya kamu sesuaikan dengan lingkaran potnya. Entah gimana caranya, bentuk dan sesuaikan aja biar gabusnya bisa ditaruh di dalem potnya sebagai media tancep-tancep rumput dan bunga gula-gulanya. Usahakan gabus bisa berada setengah sentimeter di bawah mulut pot ya, jadi agak masuk ke dalem dikit.


Setelah dirasa udah pewe banget tuh posisinya si gabus, saatnya menggunakan lem tembak. BANGBANGBANG! Garing ya? Kriuk. Okeh, lem aja tuh di sekeliling gabusnya dan atur sampe posisinya di pot bisa pas. And we’re done with the gabus-tosca-kriwil-kriwil-nyebelin.



Setelah itu ambil selembar kertas dan buat pola lingkaran dengan jangka. Pola ini nantinya bakal jadi template kita buat motongin kain percanya. Nggak harus pake jangka sih, asal bisa bikin gambar lingkarang nyaris sempurna aja udah cukup kok heuheuheu. Buat lingkaran dengan diameter sebesar kurang lebih 9 cm.


NAH! Setelah itu potong kain sesuai dengan pola lingkaran yang udah kita buat tadi. Lemme give you a tips, tumpuk kain sebanyak jumlah permen. Contohnya nih, aku butuh 5 permen buat satu pot bunga gula-gula. Nah, kain ini kan fungsinya untuk pembungkus permen lolinya, jadi aku tumpuk 5 helai kain perca yang siap dibentuk pola dengan lingkaran kertas yang udah aku buat. Sematkan jarum pentul di kain dan kertas, jadi kain dan kertasnya biar nggak gerak kemana-mana. Baru deh gunting sesuai dengan pola. It easier to do dan save your time a lot!


Daaaaann kita sampai ke bagian yang agak sedikit rempong. Jahit pinggiran kain dengan benang pake teknik tusuk jelujur *tseeeehh*. Gunanya kita jahit pinggiran kain dengan benang ini adalah biar ketika permennya dibungkus pake kain perca, kita jadi gampang buat bikin simpul bagian pangkal lolipopnya. Begitooooh. Percayalah pada akoooh, bungkusnya nanti jadi rapi gengs.


Setelah itu lem renda yang kita punya ke bagian bawah lolipopnya, yang rapi ya biar chatiqueeee~


Kalo udah dikasih renda, sematkan satu rumput plastik ke tiap permen lolipopnya. Jadi biar keliatan rempyek *halah opo iku* dan keliatan penuh pas nanti di tata di pot. Lalu hias pot dengan rumput plastik terlebih dahulu, lem aja tuh di pinggir-pinggir gabusnya. Setelah itu baru deh tancepin bunga gula-gulanya. Atur sedemikian rupa biar kelihatan bagus. KUDU BAGUS. We’ve been through this step tho!



Kamu bisa menambahkan pesan-pesan biar makin bermakna, kayak punya akuuuu :3




And we finally made it, gengs! Lucuuuuu kan? Yuk cobain dirumah.

You Might Also Like

5 comments

  1. Keren cik...kreatiff....sayangnya acara wisuda uda lewaatt.. :p bikin kado buat yang wisuda nanti aahh...

    :D

    ReplyDelete
  2. uwuwuwwuwu....
    This gift so special for me!
    Seorang miss busy kayak mbak uchik, nyempet2in bikin ginian buat kitaah :*
    Lanjutkan mbaak, ditunggu anak-anaknya---anak yang menginspirasi dan bikin envy :3 hha

    ReplyDelete
  3. he credit, jenengku endi dek hmm hmm.. kan lanjutane aku sing nggawe kabeh :D :D :D

    ReplyDelete
  4. terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya . semoga selalu menjadi manfaat bagi semuanya .
    salam sukses selalu . amin

    http://tokokaranganbungapapan.klikspo.com

    ReplyDelete