Blogger (?)

June 27, 2014

Dari jaman dahulu kala kenal blog sampe sekarang pingin banget rasanya punya embel - embel 'blogger' sebagai nickname, julukan, sapaan, sebutan, atau semacamnya. PINGIN. BANGET. Entah kenapa ambisi banget untuk punya nama Fauziah 'blogger' Ramadhani atau Uchik-si-anak-blogger. Yakali di suatu hari yang cerah dan indah ada dua orang yang lama tak jumpa kemudian tiba - tiba ketemu dan terlibat sedikit percakapan klasik.

Aurora : Eh ya ampun long time no see ya cyin !
Mulan  : Iya duh kangen. Eh kamu kuliah dimana sekarang?
Aurora : Kuliah di Princess University
Mulan  : Oh disitu, eh kenal Uchik nggak?
Aurora : Uchik? Uchik yang blogger itu?

Kebayang nggak gimana kerennya kalo ada orang yang sebut - sebut kayak gitu. Seriusan kece badai lah itu. Terserah apa kata orang sih ya, bagi aku sendiri blogger itu sebutan menarik yang butuh effort lebih untuk dapetinnya. Bayangkan betapa banyaknya keuntungan dan prestige yang bakal didapetin kalo kamu seorang blogger. Well, in my opinion sih kira - kira blogger itu kayak gini ...

  1. Nggak mungkin banget gaptek ! Jelas dong. Sehari - hari nulis di lembaran elektronik bakalan bikin blogger dituntut paham banget sama teknologi informasi dan komunikasi. Nggak cuma nulis dong pastinya, orang mana sih yang gatel pingin utek - utek apa-aja-yang-bisa-diutek kalo udah ngadep lepi atau kompi? Jadi jelas kalo blogger -minimal kamu buka halaman blog aja- pasti tau soal browser, situs - situs, HTML, blablabla.
  2. Up to date. Kebanyakan pastinya update soal isu yang berkembang di dunia internet, yang notabene lebih suwuper duwuper luas dibanding dunia tipi maupun radio karena emang worldwide. Selain itu yang namanya blogger pasti orangnya suka nulis, dan orang suka nulis pasti suka baca apapun itu dari sumber mana pun. Sehari nggak baca berita, informasi, atau sekedar status - status drama pasti nggak bisa banget.
  3. Pinter nulis. Iya, bisa banget mah kalo yang satu ini. Buktinya blognya keurus, palingan tiap minggu kita ngecek blognya pasti ada aja satu dua postingan baru yang masi anget - anget. Itu yang bikin blogger pinter nulis, karena 'Alah bisa karena biasa' atau 'practice makes perfect'. Gaya tulisannya pun macem - macem, ini nih yang paling aku suka. Banyak banget loh blogger yang dari baca tulisannya aja mungkin kita bisa hapal banget itu siapa orangnya. Ada yang nulisnya bercandaan mulu, ada yang puitis, ada yang ngaco, bahkan banyak yang galau. Well, sometimes kata - kata yang ditulis itu lebih powerful daripada sekedar diucap.
  4. Open-minded. Kebanyakan blogger pasti open-minded. Secara nggak langsung dari kebiasaan suka baca, nulis, baca lagi, nulis lagi dan seterusnya akan melahirkan kemampuan kita untuk mengemukakan pendapat dan opini melalui tulisan dengan baik. Akhirnya nulisnya pun juga nggak akan ngawur tanpa referensi sana sini, sebelum nulis pasti blogger semedi dulu deh. Mikir apa yang mau ditulis, mikir gimana cara nyampeinnya, mikir gimana ntar efek tulisannya. Dari kebiasaan itu akhirnya mau apa - apa jadi mikir ini itu dulu, dari hasil pemikirannya itulah cikal bakal tulisan yang meskipun isinya mengkritisi tapi dijamin bakal asik banget dibaca dan biasanya nggak sara maupun rasis. Dan ya kebanyakan orang doyan baca itu biasanya pemikirannya luas dan orangnya open-minded.
  5. Helpful. Berhubung kita - kita ini manusia yang hidup di jaman-serba-apa-apa-nanya-gugel jadi yang namanya blog pribadi itu helpful banget. Mau cari tempat nongkrong, nanya gugel. Mau tau review pilem baru di bioskop, nanya gugel. Mau cari resep makanan enak, nanya gugel. Dan gugel itu bukan Tuhan yang Maha Mengetahui. Ibaratnya orang, gugel cuma seorang yang kenal baik sama si doski, doska, doske, dosku, dan dosko. Jadinya tiap kita yang nanya, dia sih tugasnya fasilitator aja buat ngehubungin penanya sama narasumber. Akhirnya setelah nunggu loading page, ke-direct-lah kita ke blog - blog yang punya sejuta informasi yang membantu banget buat ngejawab pertanyan kita tadi. Jasa siapa coba akhirnya kita jadi tau? Blogger dong.
  6. Paling bisaaa ajaaaaa. Ini maksudnya apa ini? Iya, jadi gini blogger itu paling bisa aja. Bisa apa? Macem - macem sih bisanya. Bisaaa ajaaaaa cari duit lewat AdSense dari blognya yang punya jutaan viewer, gugel demen banget dah bayar blogger. Bisaaa ajaaaaa dapet barang endorse gratisan dari online shop gegara pengikutnya banyak banget di blog, apa aja yang dipake sama mereka bisa jadi ngehype banget. Bisaaa ajaaaaa dibayar rupiah, dollar, poundsterling, blablabla pokoknya uang karena dirasa blognya prospek banget buat promosi, ya kayak ngereview tempat nongkrong, software, dan lainnya.
  7. Inspiratif. Saking demennya ngepoin fashion blogger macam Sonia ErykaEvita NuhDiana Rikasari, atau Lovely Lucy akhirnya jadi dapet pencerahan untuk perbaikan style buat outfit sehari - hari. Karena apa yang mereka tulis soal fashion bakal menginspirasi orang lain, beberapa bakal copy paste gaya mereka, beberapa amati-tiru-modifikasi, dan beberapa mungkin ikutan menginspirasi kayak mereka dengan menulis fashion blog juga. Bayangkan, dari satu orang yang menginspirasi, bisa aja muncul sepuluh orang yang inspiratif pula. It helps us a lot !

Mungkin segitu dulu aja kali ya cuap - cuap soal gimana blogger itu menurut aku. Seriously, pingin banget jadi someone-who-people-called-blogger karena terkesan nggak cuma pinter, tapi juga insipratif, baik, dan suka sharing. Sampai saat ini sih belum bisa jadi blogger but someday I will ! Pernah denger nasehat gini 'satu hal yang harus bisa dipertahankan kalo mau jadi blogger yaitu KONSISTENSI'. Iya, kudu konsisten nulis, kudu konsisten baca, kudu konsisten mikir. Eeerr rada susah gitu kali ya kayaknya, but overall I do believe that we do something with heart and pleasure, semuanya bakal seperti yang kita inginkan, termasuk dapet embel - embel blogger hahaha. Sama aja kayak penulis, kalo nggak demen nulis ya sampe bumi jadi kotak juga nggak akan bisa jadi penulis atau pun nerbitin buku satu pun. What goes around, comes around.


taken from google.com

You Might Also Like

2 comments

  1. Berarti aku termasuk orang keren ya cik :D. Entah aku termasuk dalam kategori blogger apa bukan. wkwkwk

    ReplyDelete