ZONK MID TEST

April 20, 2012


Hallo Readers :)

Aku balik lagi buat cerita cerita nih hihihi. Well, minggu kemarin aku lagi disibukkan sama yang namanya UTS. Meskipun dulu udah pernah ngerasain UTSnya perkuliahan, tapi entah kenapa masih suka nervous gitu kalo mau UTS. Biasalah ya, anak baru pasti demam panggung. Kalau bisa apa enggaknya ngerjain soalnya, jangan ditanyain deh. BANYAK NGGAK BISANYA hahaha. Tapi nggak sidoooo ! Aku kan belajar, jadi kudu bisa. Masa udah dibela belain begadang malem eh nggak bisa ngerjain soal, cupu banget ntar jadinya. Tapi bisa itu bukan berarti semuanya bisa loh ya. Ada juga yang nggak bisa. Plis jangan mikir aneh aneh dulu. Itu WAJAR mamen *ngakak*.

Nah, kali ini aku bakal ceritain ke-BODOH-an apa aja yang aku lakuin pas UTS. Asli tidak direkayasa. Ini spontan. Dan memalukan.



HARI 1
Mata Kuliah : PROGRAMMING MULTIMEDIA
PLIS ingat, ini hari pertama dan jam pertama. Tapi kenapa? KENAPA? Kenapa harus dikasih programming duluan. Ini bener bener random banget. Actually, aku udah belajar tapi nggak tau kenapa tiap programming itu isinya zonk mulu. Berhubung tiap ujian harus rebutan tempat duduk, pagi ini aku usaha banget dateng pagi biar dapet tempat strategis. Tapi akhirnya, temenku dateng jauh lebih pagi, ngambil kursi bagian belakang, dan aku harus duduk di depan sendiri. OMG, zonk pertama dimulai. Merasa nggak dapet tempat aman, aku panik. ASLI panik. Belum sempet apalin ulang materi semalem, pengawasnya dateng deh. Oke, sebut saja ini zonk kedua. Akhirnya ujian ini hanya berbekal kenekatan dan doa aja. Tiba tiba pengawasnya ngomong "Untuk MMB, ujiannya TERBUKA". WHAT THE BLABLABLA !!!. TERBUKA?. OHSYET !. Mungkin kalian bingung kenapa aku mala sebel banget kalo ujian terbuka, padahal harusnya sebaliknya. Oke fine, ini terbuka. TAPI APA YANG MAU DIBUKA? *putus asa*. Catatan mana yang mau diliat?. Buku mana yang mau dicontek?. Otak mana yang mau dipinjem *loh?*. Beneran aku nggak pernah punya catetan programming dalam bentuk kertas selain laporan praktikum yang tiap minggu aku kumpulin ke dosenku. Dan laporannya nggak pernah dibalikin. Catetanku semua di lepi hiks. Dan sekarang ketika ujiannya TERBUKA, I have nothing to read. Cuma bisa ngandelin otak yang masih seperempat terisi kesadaran saking shocknya. Dan ini adalah zonk ketiga, zonk paling tragis.

Oke, aku mencoba menerima kenyataan UTS hari ini. Berbekal power of ngarangjawabanbebas, aku mulai baca soal satu demi satu. Ada 13 soal. Nomer satu masih bimbang, nomer dua nggak tau, nomer tiga antara iya dan enggak, nomer empat nggak bisa, nomer lima asli lupa, nomer enam nggak paham maksud soalnya, nomer tujuh kayaknya bisa, nomer delapan buram, nomer sembilan absurd, nomer sepuluh eerrr gitu deh, nomer sebelas amnesia dadakan, nomer dua belas elah pas materi itu aku telat kuliah, nomer tiga belas luluping (lupa lupa ingat, red). Semacam dikasih harkos, PHP, atau apalah itu sebutannya. Intinya dikasi harapan tapi nggak ada yang kesampaian. Mau nyontek jawaban temen, aku sadar diri men. Bukannya sok suci, tapi gimana nyonteknya kalo aku duduk depan sendiri. Akhirnya pasrah aja ngerjain, ngawur sana ngawur sini. Baca doa, cari wangsit. Panggil om jin *eh*. Setelah hampir semua kejawab, ada satu soal yang nyebelin banget. Nomer Enam. Gini soalnya.

"Tuliskan program untuk mengubah gambar RGB menjadi sephia !"

Aku mikir bentar. Ngehela napas. Zonk lagi. Men, ini susah banget. Susahnya itu bukan gara gara nggak tau jawabannya tapi gatau maksud soalnya. Aku berpikir keras kira kira nih soal maksudnya apaan. Tapi waktu nggak memihak, dia udah buru buru lari gitu rasanya. Finally, dengan segala kesadaran yag masih tersisa, kebodohan yang spontan, otak yang nggak nalar, dan keinginan untuk cepet cepet kabur dari ruang kelas UTS dengan pasrahnya aku jawab "PHOTOSHOP, PHOTO SCAPE, PROCESSING". Aku tau banget kalo jawaban itu absurd banget bener enggaknya. Tapi aku coba keberuntungan aja deh, namanya nggak mudeng sama soal mau diapa apain jugak nggak akan nemu jawabannya.

Aku mikir lagi, gimana kalo aku ngasi note buat dosenku. Note yang menyatakan kalo aku nggak bisa ngerjain ini semua, sudah pasrah, minta maaf, nggak mau cari gara gara, dan peace love and gaul. Tapi dipikir pikir lagi entar aku mala keliatan bodo gitu. Akhirnya aku urungkan deh niat yang mungkin baik itu.

Abis keluar dari kelas, temenku udah rame tuh ngobrolin yang tadi. Aku yang merasa nggak bisa apa apa diem kayak orang lagi pantomim. Tiba tiba ada yang nyeletuk, 'Eh nomer lima sama enam tadi aku bingung banget, mana aku nggak punya catetan rumus buat ngerubah gambar RGB jadi Sephia'. Aku dalem ati jawab, eh plis sekelas jugak kayaknya kagak ada yang nyatet tuh rumus. Abisnya beribet sih. Trus dia nyeletuk lagi, 'Tapi yang nomer enam lumayanlah, paling yang salah cuma rumus sephianya aja, codingnya tadi aku inget'. Aku kaget. Loh nomer enam jawabannya kok pake rumus sama coding gitu. Nggak kuasa menahan segala kebodohan ini aku angkat bicara akhirnya. 

'Loh maksud soal nomer enam itu gimana sih?', aku nanya ke dia.
'Oalah itu chik disuru bikin programnya', kata dia.
'Lah kok coding coding gitu?', aku bingung.
'Loh program kan emang yang coding coding gitu chik', kata dia.
'EH SUMPAH? mati aku', shock abis.
'Loh kenapa chik?', dia penasaran.
'Aduh plis ini bodoh banget', kataku.
'KENAPA UCHIK?', kayaknya penasaran banget.
'Aku jawab PHOTOSHOP, PHOTO SCAPE, sama PROCESSING', kataku lemes.
'Ya ampun uchik. Kok bisa itu loh', dia ketawa. Yang lain juga ketawa. Ngetawain aku. *pura pura mati*.

Masih nggak bisa bayangin gimana reksinya dosenku pas baca jawaban UTSku yang bodohnya nggak bisa diampuni itu. Dan aku nyesel banget nggak nulis note yang sempet terpikir sebelumnya. Niatnya pingin nggak keliatan bodoh eh mala malu maluin. Ampun deh, it is a ZONK DAY lah.

You Might Also Like

2 comments